Perancangan UI/UX Pada Website Rumah Tahfidz Akhwat Menggunakan Metode Design Thinking
DOI:
https://doi.org/10.34148/teknika.v12i2.599Keywords:
Design Thinking, Rumah Tahfidz Akhwat (RTA), UEQ, UI/UX, Usability TestingAbstract
Sejak berdiri, informasi mengenai Rumah Tahfidz Akhwat (RTA) Raudhatul Jannah Pekanbaru hanya didapat melalui berita mulut ke mulut dan brosur edaran, begitu pula dengan seluruh proses bisnis yang terjadi, semuanya dilakukan secara manual. Mempertimbangkan kondisi tersebut, muncul sebuah inovasi berupa perancangan UI/UX untuk persiapan pengembangan website resmi RTA menggunakan metode Design Thinking yang akan dilakukan melalui penelitian ini. Rancangan website ini memiliki fitur 3 utama, yaitu menampilkan informasi mengenai RTA, pendaftaran murid baru, dan layanan siswa. Perancangan dilakukan menggunakan aplikasi Figma. Hasil perancangan berupa prototype interaktif dengan dua tipe, tipe A dan B. Dalam proses perancangan, digunakan 14 komponen. Kedua prototype memiliki 6 menu utama, dengan jumlah halaman prototype A sebanyak 22 halaman dan prototype B sebanyak 12 halaman. Pengujian dilakukan menggunakan Usability Testing dengan metode Cognitive walkthrough, SEQ, A/B Testing, dan UEQ. Pengujian dilakukan terhadap 20 partisipan siswa, 10 partisipan staf, dan 10 partisipan umum. Pengujian Cognitive walkthrough siswa memperoleh hasil 80% untuk kedua prototype, pengujian staf memperoleh hasil 100% untuk kedua prototype, dan pengujian umum memperoleh hasil 100% untuk kedua prototype. Pengujian UEQ untuk kedua prototype (A : B) memperoleh nilai attractiveness sebesar 2,24 : 2,49, perspicuity 1,43 : 1,33, efficiency 1,98 : 1,98, dependability 2,30 : 2,29, stimulation 2,09 : 2,14, dan novelty 1,72 : 1,91. Berdasarkan hasil pengujian UEQ yang dilakukan, kedua prototype sudah mencapai skala minimal good dan dapat direkomendasikan untuk pengembangan sistem. Prototype hasil penelitian ini bermanfaat untuk membantu pihak RTA memiliki alternatif high-fidelity desain website yang sudah teruji kegunaannya dan siap untuk diimplementasikan dalam pengembangan website.
Downloads
References
Miswanto, H. Sulistiani, and Damayanti, “Penerapan Metode Cost and Benefit Analysis Dalam Pengukuran Investasi Teknologi Informasi (Study Kasus: CB Laut Selatan Jaya),” Jurnal TEKNOKOMPAK, vol. 14, no. 1, p. 54, 2020.
R. D. Satista, “Countries with the largest digital populations in the world as of January 2022,” https://www.statista.com/statistics/262966/number-of-internet-users-in-selected-countries/, Jul. 26, 2022.
M. Solahudin, “Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Sekolah (SIAS) Berbasis Website,” DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, vol. 4, no. 2, pp. 107—113, Feb. 2021.
B. Shneiderman and C. Plasant, Designing User Interface. United States of America: Pearson Education Inc., 2005.
A. Zaki and I. Sukoco, “Penggunaan Design Thinking Pada Perushaan Konsultan Teknologi Digital Indie LABTEK Bandung,” AdBispreneur : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, vol. 3, no. 2, pp. 123—129, Aug. 2018.
Setiawansyah, Q. J. Adrian, and R. N. Devija, “Penerapan Sistem Informasi Administrasi Perpustakaan Menggunakan Model Desain User Experience,” Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), vol. 11, no. 1, pp. 24—36, Apr. 2021.
D. Kelley and T. Brown, An introduction to Design Thinking. Institute of Design at Stanford, 2018.
A. A. Razi, I. R. Mutiaz, and P. Setiawan, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan UI/UX Aplikasi Penananan Laporan Kehilangan dan Temuan Barang Tercecer,” DEMANDIA Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan, vol. 3, no. 2, pp. 75—93, Sep. 2018.
E. Susanti, E. Fatkhiyah, and E. Efendi, “Pengembangan UI/UX Pada Aplikasi M-Voting Menggunakan Metode Design Thinking,” in Simposium Nasional RAPI XVIIII, 2019, pp. 364—370.
M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “Perancangan UI/UX Aplikasi MY CIC Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,” Jurnal DIGIT, vol. 10, no. 2, pp. 208—219, Nov. 2020.
M. N. M. Al-Faruq, S. Nur’aini, and M. H. Aufan, “Perancangan UI/UX Semarang Virtual Tourism Dengan Figma,” WJIT: Walisongo Journal of Information Technology, vol. 4, no. 1, pp. 43—52, 2022.
Herfandi, Yuliadi, M. T. A. Zaen, F. Hamdani, and A. M. Safira, “Penerapan Metode Design Thinking Dalam Pengembangan UI dan UX,” Building of Informatics, Technology and Science (BITS) , vol. 4, no. 1, pp. 337—344, Jun. 2022.
A. Reynaldi, “Perancangan Desain User Interface (UI) Aplikasi Pencari Kost,” Universitas Negeri Makassar, Makassar, 2019.
L. Angela and Erandaru, “Studi Perbandingan Teori dan Praktek Proses Perancangan UI/UX di ARYANNA,” Jurnal DKV Adiwarna, 2022.
A. D. Putra, “Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Untuk Usaha Penjualan Helm,” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, pp. 17—24, 2020.
I. Islamy, “Penelitian Survei Dalam Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa Inggris,” Pasca Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 2019.
S. Arismunandar, Teknik Wawancara Jurnalistik. 2013.
M. Schrepp, User Experience Questionnaire Handbook. Germany, 2019.
A. Sriwulandari, H. Hidayati, and B. Pudjoatmojo, “Analisis dan Evaluasi Aspek Usability Pada Web HRMIS Telkom University Menggunakan Usability Testing,” e-Proceeding of Engineering, pp. 537—542, 2018.
C. Wharton, J. Rieman, C. Lewis, and P. Polson, The Cognitive Walkthrough Method: A Practicioner’s Guide. Colorado: Institute of Cognitive Science University of Colorado, 1994.
J. Sauro, “10 Things To Know About The Single Ease Question (SEQ),” https://measuringu.com, Oct. 30, 2012.
C. M. Barnum, Usability Testing Essentials: Ready, Set...Test! Morgan Kaufmann, 2020.
R. I. Borman, Y. P. Putra, Y. Fernando, D. E. Kurniawan, P. Prasetyawan, and I. Ahmad, “Designing an Android-based Space Travel Application Trough Virtual Reality for Teaching Media,” in 2018 International Conference On Applied Engineering (ICAE), Batam, 2018.
R. Fahrudin and R. Ilyasa, “Perancangan Aplikasi ‘Nugas’ Menggunakan Metode Design Thinking dan Agile Development,” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, vol. 8, no. 1, pp. 35—44, Dec. 2021.
S. Gibbons, “Using Prioritization Matrices to Inform UX Decisions,” https://www.nngroup.com/articles/prioritization-matrices/, May 27, 2018.